BDG Connex
SHOWS VENUES ARTWORKS ARTISTS SIGN IN SIGN UP ◼︎
Pameran Keliling Kultursinema
Mar, 7th - 11th
Bandung, Jl. Rancakendal Luhur No. 7. Dago Atas
*PAMERAN KELILING KULTURSINEMA* Pameran Keliling Kultursinema adalah upaya merangkum apa yang sudah dilakukan Kultursinema selama lima tahun. Sejak 2014, Kultursinema melacak sejarah sinema Indonesia melalui arsip-arsip yang tersebar tidak hanya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lainnya. Penelaahan terhadap arsip-arsip tersebut membuka berbagai kemungkinan lain; disajikan dalam bentuk pameran yang tidak hanya digunakan sebagai distribusi arsip, tetapi juga ekspresi artistik. Silakan datang dan ramaikan...
Press Release
*PAMERAN KELILING KULTURSINEMA*

Arsip merupakan rujukan data bahwa telah terjadi suatu peristiwa di rentang waktu tertentu. Untuk itu, ia dianggap faktual. Pengarsipan sendiri merupakan upaya untuk mendefinisikan atau mengelompokan kejadian, situasi politik, bahkan status warga negara. Salah satu arsip yang memiliki banyak lapisan pengetahuan adalah sinema. Sebagai seni yang paling kompleks, sinema memiliki kemungkinan untuk bisa didekonstruksi untuk berbagai kepentingan ilmu pengetahuan. Tidak hanya untuk pembacaan sejarah sinema, tetapi juga sejarah-sejarah sosial yang pernah ia bekukan. Dalam kesempatan Pameran Keliling Kultursinema yang berlangsung di Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang, akan berlangsung juga seri Forum Kultursinema yang mencoba untuk melihat kemungkinan-kemungkinan di dalam memanfaatkan arsip filem; kerja kuratorial atau pemograman dalam membuat pemutaran atau penayangan filem, penulisan sejarah, dan upaya pengelolaan arsip untuk disajikan dengan bentuk kemungkinan lain, seperti pameran ataupun produk seni lainnya, berhubungan dengan konteks sosial, politik, budaya, dan ekonomi.

*_PAMERAN_*
Orbital Dago, Bandung
7-11 Maret 2019
10am – 7pm

*_FORUM KULTURSINEMA_*
*Ruang Ruang Menonton dan Arsip Filem*

7 Maret 2019, pukul 16.00-18.00
Pembicara. Yustinus Kristianto (Pemogram, Bahasinema), Damar Bagaskoro (Kurator, Ganesha Film Festival), Fausto Axel (Kepala Bidang, Bioskop Kampus Liga Film Mahasiswa Institut Teknologi Bandung), Carda Arifin (Sunday Screen)

*Penulisan Sejarah dari Arsip Filem*
9 Maret 2019, pukul 16.00-18.00
Pembicara. Mahardika Yudha (Kurator, kultursinema), Gorivana Ageza (Penulis dan pemogram, Bahasinema), Tanti Restiasih Skober, S.S., M.Hum (Peneliti, Dosen Sejarah UNPAD)

*Reproduksi dan Representasi Arsip Filem*
11 Maret 2019, pukul 16.00-18.00
Pembicara. Yusuf Ismail “Fluxcup” (Seniman), Afrian Purnama (Kurator dan penulis, kultursinema), Taufiqurrahman (Seniman dan Desainer Grafis, milisifilem)

--

Pameran dan diskusi gratis dan terbuka untuk umum

--

ARKIPEL – Jakarta International Documentary and Experimental Film Festival (@arkipel)
bekerja sama dengan
Orbital Dago (@orbitaldago)

--

#arkipel #filmexhibition #pameranfilm #orbitaldago #seni #pameran #film #art #exhibition #dago #bandung #bandungevent #artevent
About / Terms / Privacy / Partnership

© BDG Connex 2017 - 2019

© BDG Connex 2017 - 2019