BDG Connex
SHOWS VENUES ARTWORKS ARTISTS SIGN IN SIGN UP ◼︎

Jul, 3rd - 20th

PINTAS
Dago, Coblong, Kota Bandung, jl. bukit dago selatan no.53 A
Thee Huis gallery, UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Sub Unit Taman Budaya mempersembahkan pameran seni media, bertajuk “PINTAS” dengan kurator Rifky Effendy dan Bob Edrian. Pameran seni media ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam koridor agenda penguatan kegiatan Taman Budaya yang diinisiasi oleh Subdit Seni Media Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Pameran ini akan dilaksanakan pada: .3 Juli – 20 Juli 2018 Pembukaan; 2 Juli 2018, pukul 19.00 WIB Di Thee Huis gallery, Taman Budaya Jawa Barat Jl. Bukit Dago selatan no. 53 A Bandung 40135 . Praktik seni media tidak hanya menjelajahi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tetapi juga mengeksplorasi cara-cara baru dalam mengalami karya seni. Persoalan perilaku audiens menjadi penekanan baru terkait dengan perkembangan seni media saat ini. Perkembangan teknologi informasi termutakhir seperti media sosial telah mengubah perilaku manusia berkaitan dengan cara ataupun pola-pola bersosialisasi. Di satu sisi, kondisi tersebut mampu memunculkan jalan pintas bagi persoalan komunikasi jarak jauh, namun di sisi lain, proses ‘melalui jalan pintas’ ini rentan terhadap produksi informasi yang tanpa saringan hingga bahkan tanpa kebenaran sama sekali. Pameran bertajuk Pintas ini menekankan pada bentuk-bentuk eksplorasi seni media yang berjangkar pada perkembangan teknologi informasi saat ini. Perilaku hingga bentuk spekulasi dalam ranah komunikasi, eksplorasi perilaku masyarakat terhadap teknologi internet, dan bagaimana lingkungan dicerap dalam kondisi yang serba virtual. Gagasangagasan tersebut terbagi ke dalam tiga kata kunci: contact, vir(tu)ality, dan surrounding.
 
Press Release

Thee Huis gallery, UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Sub Unit Taman Budaya, menyelenggarakan pameran seni media bertajuk “PINTAS” dengan kurator Rifky Effendy dan Bob Edrian. Pameran seni media ini merupakan salah satu kegiatan penting dalam koridor agenda penguatan kegiatan Taman Budaya yang diinisiasi oleh Subdit Seni Media Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.  
 
Pameran ini juga dalam rangka rangkaian menyambut pergelaran seni Bandung Art Month 2018. 
 
Pameran ini akan dilaksanakan pada: 
 .3 Juli – 20 Juli 2018
 
 
Pembukaan; 
2 Juli 2018, pukul 19.00 WIB
 
 
Diresmikan oleh : Bpk Restu (Direktur Kesenian)
 
Di Thee Huis gallery, Taman Budaya Jawa Barat.
Jl. Bukit Dago selatan no. 53 A Bandung 40135
 
Uraian tentang pameran PINTAS
 
Praktek seni media di Indonesia telah berkembang dalam beberapa dekade, walaupun di Indonesia ruang pameran bagi media ini masih sangat terbatas. Saat ini praktek seni media menjelajahi kedalam bentuk-bentuk representasi teknologi komunikasi hingga maraknya sosial-media. Pameran ini hendak memetakan perkembangan seni media dalam konteks keseharian masyarakat di Indonesia terutama perilaku atau budaya , melalui karya-karya praktisi seni media. 
 
1. Contact
 
Terinspirasi oleh upaya spekulatif dalam novel Contact (1985) yang ditulis oleh Carl Sagan, pameran ini menekankan pada perkembangan kekaryaan seni media yang fokus pada gagasan komunikasi. Aspek-aspek yang dimunculkan dalam gagasan pameran ini berkaitan dengan elaborasi pemahaman komunikasi, eksplorasi teknologi komunikasi, hingga bentuk-bentuk spekulatif terkait dengan perluasan makna komunikasi.
 
2. Vir(tu)ality
 
Istilah extreme present yang diajukan oleh Douglas Coupland, Hans-Ulrich Obrist, dan Shumon Basar dalam The Age of Earthquakes: A Guide to the Extreme Present (2015) menjadi basis bagi gagasan pameran ini. Era internet yang membuat manusia di masa kini dibanjiri oleh ragam informasi membuatnya kesulitan untuk beradaptasi dengan kondisi present (saat ini, sekarang). Pameran ini akan menekankan gagasan-gagasan seniman terkait internet dan juga pola pikir seniman yang lahir di era setelah internet.
 
3. Com(Unity)
Proyek oleh komunitas dengan menggunakan seni media seperti fotografi, sound art, video mapping dan lainnya yang berkembang , sebagai suatu respon budaya media baru. 
 
 
List Para seniman:
 
Para seniman PINTAS
 
 :
1. Krisna Murti (Jakarta)
 
2. Riar Rizaldi (Bandung)
 
3. Tromarama (Bandung)
 
4. Eldwin Pradipta  (Bandung)
 
5. Ade Darmawan (Jakarta)
 
6. Muhamad Akbar (Bandung)
 
7. U-Visual (Bandung)
 
8. HUMANIKA (Bandung)
 
9. Orcyworld (Bandung)
 
10. Mira Rizki Kurnia (Bandung)
 
11. Tomy Herseta (Bandung)
 
Diskusi 
PINTAS 
Tentang perkembangan seni media di Indonesia
 
Selasa: 3 Juli 2018
Jam 15.00 – 17.00 WIB
Di Thee Huis Gallery
 
Pembicara: 
1.    M. Akbar
2.     Riar Rizaldi
3.     TROMARAMA

Moderator : Bob Edrian
 
 
About / Terms / Privacy / Partnership

© BDG Connex 2017 - 2018

© BDG Connex 2017 - 2018