BDG Connex
Shows Venues Artworks Artists Sign in Sign up ◼︎

Pameran ZERO WASTE LIFESTYLE collage PROJECT

Rumah ZaFa Aug 20th - Sep 20th

Pameran kali ini menyajikan karya ekperimentasi kolase, dengan memanfaatkan sampah plastik (found objek). Karya pameran ini merupakan respon dari kenyataan bahwa Indonesia rangking ke 2 di dunia terbanyak membuang sampah plastik ke lautan. Karya berwawasan lingkungan ini diharapkan memberikan edukasi yang nyata, bahwa sampah akan naik martabatnya jika diolah dan disentuh menjadi karya seni artistik. Upaya pengelolaan sampah plastik menjadi karya sungguh bermanfaat bagi penyadaran lingkungan melalui kegiatan produktif-rekreatif-kreatif .


Pameran  ZERO WASTE LIFESTYLE collage PROJECT
 
Tri Karyono, Rumah ZaFa
20 Agustus – 20 September 2020
Daring/Luring melalui perjanjian
WA 081320043636
Rumah ZaFa,  Jl. Sukawangi 45 Bandung 40559 
 



Ocean Conservancy, sebuah organisasi nirlaba bidang konservasi laut melakukan penelitian tentang penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Sungguh memprihatinkan Indonesia termasuk urutan kedua pembuang sampah plastik ke lautan. Hitungan banyaknya sampah pertahunnya: China – 8,8 Juta Ton, Indonesia Indonesia – 3,2 Juta Ton,   Vietnam – 1,8 Juta Ton, Filipina – 1,8 Juta Ton, Sri Lanka – 1,6 Juta Ton. “Gerakan Pandu Laut” telah digalakan pemerintah sebagai bagian dari komitmen kita mengurangi 70 persen sampah plastik di lautan pada 2025".



Saya peduli dan merespon persoalan ini dengan tindakan nyata sebagai kapasitas perupa. Sampah plastik telah menjadi masalah dunia. Gerakan dunia menyatakan dengan tegas Zero Waste lifestyle.  Berdasarkan isu global tersebut, saya ingin memulai berkontribusi melalui berkarya seni rupa berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan limbah plastik dengan konsep reuse,recycle, redesign. Proyek ini adalah riset kecil saya sebagai pendidik seni, yang berusaha berperan aktif dalam tindakan Waste Minimalization, memanfaatkan material sampah plastik (found object) mengedukasi  “darurat sampah plastik” melalui berkarya seni lukis teknik kolase. Pameran kali ini menyajikan proses berkarya mulai pemilihan atau reduksi material sampah plastik, perekatan, membentuk objek, hingga diakhiri proses mewarnai. 
Eksperimentasi material sampah plastik, pewarnaan maupun garapan bentuk akan menjadi ekplorasi yang menarik sepanjang proses berkarya seni kolase ini.
 


 
 


 

© BDG Connex 2017 - 2020