BDG Connex
SHOWS VENUES ARTWORKS ARTISTS SIGN IN SIGN UP ◼︎
LOOKFOR | SOLO EXHIBITION BY SETIA ADHI KURNIAWAN , ©

Jul 24th - Aug 8th

LOOKFOR | SOLO EXHIBITION BY SETIA ADHI KURNIAWAN
, Perumahan Kavling 75 no 87 Jl Bojong Koneng Atas, Cikutra -Bandung
LOOKFOR | SOLO EXHIBITION BY SETIA ADHI KURNIAWAN | OFFICIATED : BAMBANG SAPTO HUTOMO CURATED : T.ROHANDI | PERFORMANCE : SORE & GERIMIS ( Putut Pramudiko & Rizki Chino ) | OPENING : TUESDAY 24 JULY 2018 AT 16.00 PM Jl. Bojong Koneng Atas Perumahan Kavling 75 No. 87 CIkutra - Bandung Indonesia
 
Press Release
Look for.. | Setia adhi kurniawan

Oleh T. Rohandi

Ketika pengkotakan cabang keilmuan dilembaga pendidikan  ‘beranak pinak’,  semakin banyak dan menyempit dengan pola linieritasnya, ketika itu pula dalam realitas kehidupan masyarakat justru batasan tersebut semakin  ‘mencair’ dan  samar. Di era digital dengan informasi  dan komunikasi verbal,  visual yang semakin mudah bahkan bersifat ‘memaksa’ masuk  menjadi salah satu faktor terjadinya  lintas disiplin ilmu,saling menyebrangi dan saling mempengaruhi satu sama lain .Demikian pula dengan  Kebutuhan dan Keinginan tiap individu anggota masyarakat semakin meluas bahkan samar, sehingga agak sulit  untuk membedakan antara  keduanya, munculah apa yang disebut  hibriditas, eklektik dan lain sebagainya. Hal ini juga sebagai  salah satu faktor pemicu  kebutuhan akan adanya  identitas, yang ironinya muncul serba dadakan dan serba instan. 

Sosok Setia Adhi pun demikian sebagai anggota masyarakat dengan dasar  keilmuan desain komunikasi visual yang berada dalam suasana hingar bingar masa kekinian mencoba memperluas keinginannya berkarya seni rupa dalam wilayah ekspresi subyektif. Persoalan identitas demikian menghantui setiap individu, kelompok atau komunitas  bahkan Negara,  yang sepertinya tidak akan berhenti dan tidak akan berujung. Terlebih terjadi  pada generasi muda, khususnya dalam hal ini seniman muda, tidak terlihat atau teraba  ujung identitas, mereka mencoba melihat akar dan pangkalnya.

Look for.. sebagai tema pameran, lebih pada mencari,  atau identifikasi  bahkan eksplorasi diri  pada  rupa karyanya lebih banyak bentuk ungkapan sosok tubuh yang tidak anatomis , rentan dan terasing.  Resapan, rembesan  dan lelehan sebagai karakteristik media cat air dikertas terlihat lebih eksploratif dan  dominan pada karya dua dimensinya yang berukuran kecil-kecil . Sedangkan unsur media digital dan adanya penggandaan bentuk tidak terlepas dari dasar keilmuannya sebagai alumni desain komunikasi visual.

Keberagaman dalam keseragaman budaya demikian tumpang tindih, keberagaman yang muncul baik dari individu atau kelompok, dimungkinkan dari dampak ‘kesepian dan keterasingan’ ditengah keramaian keseragaman budaya tersebut. Pencarian , pembacaan diri , atau  ‘tafakur’ , selanjutnya menunjuk diri sendiri tentang  apa,  siapa, dan bagaimana  akan terus memaksa dan mendorong kreatifitas dan orisinalitas pemikiran yang terungkap pada eksplorasi ekspresi visual  yang mandiri dan berbeda.

About / Terms / Privacy / Partnership

© BDG Connex 2017 - 2018

© BDG Connex 2017 - 2018