BDG Connex
SHOWS VENUES ARTWORKS ARTISTS SIGN IN SIGN UP ◼︎

Aug 11th - Oct 14th

Kabinet Serambi: Riwayat Koleksi A. D. Pirous
Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jalan Bukit Pakar Timur II no. 111
Pameran ini menyajikan karya-karya seniman Indonesia dan mancanegara dalam koleksi pribadi A. D. Pirous sebagai koleksi permanen Serambi Pirous.
 
Press Release

Kabinet Serambi:

Riwayat Koleksi A.D. Pirous

Sejak mulai berkarir sebagai seniman profesional pada awal 1960-an, Abdul Djalil Pirous (lahir Meulaboh, 1932) punya kebiasaan untuk mengumpulkan dan menyimpan karya-karya seniman lain. Motif dalam mengumpulkan karya-karya itu sangat beragam, dari perkenalan dekat Pirous dengan para pembuatnya, atau penghargaan pada capaian artistik mereka. Tanpa Pirous sadari sepenuhnya,  jumlah karya yang ia kumpulkan terus bertambah, dan hingga hari ini telah mencapai ratusan. Rentang waktu koleksi ini cukup panjang, dari lukisan cat air Abdoellah Soerjosoebroto bertahun 1921, hingga karya Aminudin TH Siregar bertarikh 2010. Sebagian karya-karya tersebut selalu terpajang di rumahnya, sementara sebagian besar lainnya ia simpan dengan baik di Serambi Pirous, sebuah ruang yang ia telah rintis sejak 1993.

Didorong oleh keinginan untuk mencatat dan mendokumentasikan koleksi Pirous, pameran Kabinet Serambi menyajikan sepilihan lukisan, patung, dan cetak grafis seniman Indonesia dan mancanegara. ‘Kabinet’ di sini adalah metafor dari tempat di mana benda-benda tertentu disimpan sebagai pengingat yang berharga tentang pemiliknya. Pemilihan karya-karya ini disajikan untuk merefleksikan kenangan-kenangan pribadi Pirous,dan menarasikan kembali riwayat sepak terjang Pirous dalam kancah seni rupa yang  telah menempatkannya sebagai seniman pionir, pengajar, networker, dan aktivis kegiatan-kegiatan seni budaya yang penting di Indonesia.

Agung Hujatnikajennong



---


About / Terms / Privacy / Partnership

© BDG Connex 2017 - 2018

© BDG Connex 2017 - 2018