BDG Connex
SHOWS VENUES ARTWORKS ARTISTS SIGN IN SIGN UP ◼︎
Balik Bandung Pameran Retrospektif Chusin Setiadikara
Sep 6th - Oct 6th
Bandung, Bandung Raya
Balik Bandung Pameran Retrospektif Chusin Setiadikara 6 September – 6 Oktober 2019 Ruang A, Ruang B, Ruang Sayap, Bale Tonggoh Selasar Sunaryo Art Space Kurator: Jim Supangkat Selasar Sunaryo Art Space dengan bangga mempersembahkan Chusin: Balik Bandung, Pameran Tunggal Retrospektif Chusin Setiadikara. Balik Bandung akan menjadi pameran retrospektif Chusin Setiadikara (Bandung, 1949), sebagai salah satu pelukis realistik kontemporer terpenting dan terkemuka di Indonesia, yang merangkum kekaryaan...
Press Release

Balik Bandung
Pameran Retrospektif Chusin Setiadikara

6 September – 6 Oktober 2019 
Ruang A, Ruang B, Ruang Sayap, Bale Tonggoh 
Selasar Sunaryo Art Space 
 
Kurator: Jim Supangkat 
 
Selasar Sunaryo Art Space dengan bangga mempersembahkan Chusin: Balik Bandung, Pameran Tunggal Retrospektif Chusin Setiadikara. Balik Bandung akan menjadi pameran retrospektif Chusin Setiadikara (Bandung, 1949), sebagai salah satu pelukis realistik kontemporer terpenting dan terkemuka di Indonesia, yang merangkum kekaryaan Chusin Setiadikara secara menyeluruh dari seluruh medium seni rupa yang ia geluti: lukisan dan gambar. 
 
Kekaryaan Chusin menyerap dan terinspirasi oleh atmosfer kreatif Bali, pulau yang ia tinggali sejak 1987. Sebagai kawasan yang kosmopolitan, Bali selalu menghadirkan dialog antara tradisi (masa lalu) dengan tanda-tanda kemutakhiran (hari ini) dalam keseharian, yang membuat situasi sosial Bali selalu dinamis. Lukisan-lukisan Chusin menangkap tanda-tanda itu secara idiosinkratik melalui wajah-wajah manusia yang anonim, berikut dengan gubahan gestur, latar dan penampilan yang khas. 
 
Pameran ini akan dibarengi dengan penerbitan buku monografinya, sebagai buku yang pertama kali menandai eksistensinya sebagai pelukis kontemporer Indonesia. Selaku penulis Jim Supangkat menempatkan kekaryaan Chusin di tengah sengkarut keterhubungan (atau keterputusan?) sejarah seni rupa Indonesia dan sejarah seni rupa global dalam konteks perkembangan seni lukis realistik yang dipengaruhi oleh wacana-sejarah perkembangan fotografi.  
 
Peristiwa ini akan menjadi pameran tunggal terbesar Chusin di Indonesia. Pun menandai pertama kalinya Chusin berpameran tunggal di Bandung— sebagai kampung halamannya yang menyimpan banyak cerita—setelah bertahun-tahun tinggal dan berkarya di Bali. 

About / Terms / Privacy / Partnership

© BDG Connex 2017 - 2019

© BDG Connex 2017 - 2019