BDG Connex
Shows Venues Artworks Artists Sign in Sign up ◼︎

ALUR : Pameran Tunggal Basuki Bawono

Bandung Art Month 3 EDANKEUN Aug 20th - Sep 20th

ALUR [ plot ]

Di Jl. Cikaso Selatan 21
Bandung

Alur adalah sebuah struktur rangkaian kejadian-kejadian dalam sebuah narasi yang disusun dengan secara kronologis. Atau definisi alur yakni suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir. Alur mengatur bagaimana suatu tindakan-tindakan yang terdapat dalam cerita harus berkaitan dengan satu sama lain, misalnya seperti bagaimana suatu peristiwa berkaitan dengan peristiwa lainnya, lalu bagaimana tokoh yang digambarkan dan berperan di dalam cerita yang semuanya terkait dengan suatu kesatuan waktu.
Aristoteles mengemukakan bahwa tahapan alur atau plot harus terdiri dari tahapan awal, tahapan tengah, dan tahapan akhir. Peristiwa awal yang ditampilkan dalam sebuah karya fiksi mungkin saja langsung berupa adegan-adegan yang memiliki kadar konflik dan dramatik tinggi, bahkan merupakan konflik yang amat menentukan plot karya yang bersangkutan. Mungkin begitulah kira-kira analoginya jika menyimak karya lukis Basuki Bawono, beralur namun semuanya digarap dengan teknik paripurna dengan bentuk, warna serta anatomi yang serba ideal.
Seni mungkin juga sebuah kosmos. Karena pengalaman seni selalu berhubungan dengan segala tindak-tanduk seseorang di dunia sehingga manusia dapat menuangkan ekspresi diri dalam sebuah wadah yang disebut seni. Pengalaman hidup yang dialami senantiasa datang,silih berganti, mengalir bagai alur yang meretas dalam hidup dan kehidupan manusia di muka bumi ini seiring berjalannya waktu. Selama kita hidup dengan realitas, kita akan hanyut dalam suatu pengalaman yang menyenangkan, mengharukan dan acapkali menimbulkan persoalan. Itulah kira-kira gambaran karya-karya Basuki Bawono yang akan diapresiasikan pada publik (apresian). Semoga berkenan.
Eddy Hermanto (kurator)

ALUR [ plot ]
Pameran Tunggal Basuki Bawono

Di Jl. Cikaso Selatan 21
Bandung
 
Alur adalah sebuah struktur rangkaian kejadian-kejadiandalam sebuah narasi yang disusun dengan secarakronologis. Atau definisi alur yakni suatu rangkaian ceritasejak awal hingga akhir. Alur mengatur bagaimana suatutindakan-tindakan yang terdapat dalam cerita harusberkaitan dengan satu sama lain, misalnya sepertibagaimana suatu peristiwa berkaitan dengan peristiwalainnya, lalu bagaimana tokoh yang digambarkan danberperan di dalam cerita yang semuanya terkait dengansuatu kesatuan waktu.


Aristoteles mengemukakan bahwa tahapan alur atau plot harus terdiri dari tahapan awal, tahapan tengah, dantahapan akhir. Peristiwa awal yang ditampilkan dalamsebuah karya fiksi mungkin saja langsung berupa adegan-adegan yang memiliki kadar konflik dan dramatik tinggi, bahkan merupakan konflik yang amat menentukan plot karya yang bersangkutan. Mungkin begitulah kira-kiraanaloginya jika menyimak karya lukis Basuki Bawono, beralur namun semuanya digarap dengan teknik paripurna dengan bentuk, warna serta anatomi yang serba ideal.


Seni mungkin juga sebuah kosmos. Karena pengalamanseni selalu berhubungan dengan segala tindak-tandukseseorang di dunia sehingga manusia dapat menuangkanekspresi diri dalam sebuah wadah yang disebut seni.Pengalaman hidup yang dialami senantiasa datang,silihberganti, mengalir bagai alur yang meretas dalam hidupdan kehidupan manusia di muka bumi ini seiringberjalannya waktu. Selama kita hidup dengan realitas, kitaakan hanyut dalam suatu pengalaman yang menyenangkan, mengharukan dan acapkali menimbulkanpersoalan. Itulah kira-kira gambaran karya-karya BasukiBawono yang akan diapresiasikan pada publik (apresian). Semoga berkenan.

Eddy Hermanto (kurator)

BIODATA
BASUKI BAWONO
Lahir Bandung 16 Desember 1948 Lulusan Desain Grafis 
 - FSRD ITB (angkatan 1971)
Sejak tahun 1965 aktif menjadi illustrator, buku pelajaran, Majalah, komik, pocket book, mendesain prangko, kalender, brusur dll.
- 1981 – 1999 mengelola Studio desain & reklame di Bandung.
- 2000 – Mulai melukis dan sering mengikuti pameranbersama :
- Karya lukis dikoleksi oleh museum TMII ( Jakarta), Pendopo Bandung, Samudra
- Beach Hotel, Lukisan Bung Karno koleksi di Istana Presiden Tampak Siring Bali.
- 2006 Nominasi karya terbaik ae-Jawa Barat
- 2009 Nominasi Karya terbaik pameran seni rupanusantara di Galeri Nasional Jakarta
- Tujuh kali pameran tunggal : Bandung, Jakarta, Sukabumi, Solo
- 2018 Pameran di museum Basoki Abdullah –Jakarta.
 
 

© BDG Connex 2017 - 2020